SEGERA HUBUNGI KAMI...TELP. 031-5342841 / 031-70027280 / 0852-30776699...PUSAT BAHAN BANGUNAN SURABAYA - JL.BALIWERTI NO.39 SURABAYA...

Wednesday, April 2, 2008

Re-position : Akankah era keramik berakhir ?


Melihat perkembangan pembangunan pada saat ini yang sangat pesat telah membawa dampak kemajuan pada industri bahan bangunan khususnya pelapis lantai (keramik/granite tile/dll).
Beberapa tahun terakhir ini, melalui pengamatan saya tampak jelas sekali peningkatan akan kebutuhan pelapis lantai seiring semankin pesatnya pembangunan berbagai infrastruktur dan sarana umum, mulai dari menjamurnya real estate, mal dan sebagainya.

Berbagai brand keramik yang beredar dipasaran tetap diserap mulai dari yang harganya mahal sampai yang murah, dari yang kw1 sampai kw3..sampai-sampai keramik-keramik import dari china pun ikut meramaikan persaingan di negeri kita ini. Dengan hadirnya produk-produk dari china dengan motif dan corak yang luar biasa bagusnya lambat laun telah memberikan satu perubahan yang signifikan kepada konsumen indonesia akan arti sebuah keindahan pelapis lantai yang tidak sekedar untuk melapisi lantai rumah kita, tetapi harus memberikan sentuhan estetika/art dalam rumah kita, bisa kita lihat saat ini banyak sekali rumah-rumah dibangun dengan sistem cluster mulai dari mediterania sampai minimalis. Tentu kita tidak akan sembarangan memasangkan pelapis lantai, karena terlebih dahulu akan disesuaikan dengan jenis rumah kita, misalnya tipe minimalis akan lebih dominan dengan warna putih,abu-abu atau krem yang tidak banyak corak motifnya..
Dengan semankin majunya masyarakat kita maka kebutuhan akan pelapis lantai juga mengalami pergeseran dimana konsumen lebih selektif dalam membeli pelapis lantai. Ada satu jenis pelapis lantai made in china yang sedang digandrungi oleh konsumen kita yakni 'Granite Tile', dengan ukuran yang lebih besar yakni 60x60 sampai 100x100. Tentu sangat berbeda dengan dengan keramik lokal pada umumnya karena granite tile lebih kilap, lebih flat, lebih kuat, dan tentunya lebih siku karena semuanya cutting size. Dengan harga yang bervariatif dan tidak terpaut jauh dengan harga keramik tentunya konsumen lebih memilih granite tile. Saat ini hampir semua real estate maupun mall-mall telah mengunakan granite tile tidak seperti dulu yang selalu menggunakan keramik atau marmer alam.
Memang saat ini penjualan granite tile meningkat sangat signifikan sekali dengan berbagai corak motif dan harga..sepertinya lambat laun akan menggeser posisi penjualan keramik, semuanya tergantung pasar. Mungkin keramik akan tetap bertahan tetapi dari pangsa pasar pasti sudah berkurang dan dari sisi profit juga berkurang..
Akankah semua itu terjadi, mari kita lihat...the show must go on..
Saya sendiri mulai untuk me-repossisi orientasi bisnis saya...good luck

No comments: